Apa itu E Commerce

Apa itu E-Commerce? Pengertian dan Manfaat untuk Bisnis

Widya Web

E Commerce adalah model bisnis yang lebih memungkinkan bagi individu atau perusahaan agar dapat melakukan pembelian maupun menjual barang secara online. Hampir segala jenis produk atau jasa tersedia di internet.

Baik itu dari penjualan buku, makanan, musik, tiket pesawat, produk rumah tangga, investasi, atau hal lainnya bisa dibeli melalui e-commerce. Alasan inilah yang membuat kemajuan teknologi dagang elektronik dianggap sebagai salah satu disrupsi ekonomi.

Apa Itu E-Commerce?

E Commerce adalah segala transaksi jual-beli yang secara sengaja dilakukan melalui internet berdasarkan dari pelakunya. Terdapat 6 jenis bisnis e-commerce yang termasuk sebagai bisnis to bisnis maupun bisnis to customer.

Di negara Indonesia industri ini memang sedang digandrungi bahkan terus berkembang dengan cepat. Tidak sampai disitu saja, e commerce business ternyata juga memberikan penawaran banyak keuntungan dibandingkan dengan toko konvensional.

Contohnya Kamu tidak akan dibatasi oleh tempat maupun waktu ketika menjalankan Website toko online. Terlebih lagi untuk saat ini juga sudah ada banyak sekali berbagai pilihan platform yang bisa menunjang bisnis e-commerce. Termasuk marketplace online maupun sosial media.

Namun Kamu dianjurkan supaya mempunyai website yang bisa merepresentasikan profesionalitas dari brand yang Kamu miliki. Untuk Website sangat mudah dibuat, sehingga besar kemungkinan bahwa pihak kompetitor Kamu juga memilikinya.

Perbedaan Marketplace dan E-Commerce

Beberapa orang beranggapan bahwa marketplace dan E Commerce adalah sama. Padahal keduanya mempunyai hal yang berbeda. Marketplace itu sendiri adalah salah satu jenis model dari e commerce.

Sementara secara spesifik marketplace menjadi platform tempat bertemunya antara penjual dan pembeli. Perusahaan marketplace yang ada di Indonesia bisa dijumpai seperti Lazada, Tokopedia, OLX, JD.ID, maupun yang lainnya.

Baca juga:  5+ DNS Tercepat & Cara Melakukan Setting dengan Mudah

Marketplace lebih banyak melibatkan pihak, sehingga tidak hanya aplikasi dan perusahaan penyedia platform saja. Pihak yang terlibat yaitu seperti jasa ekspedisi maupun perusahaan yang menyediakan pembayaran. Contohnya dompet digital atau perbankan.

Berbeda dengan e comerce meaning yang mempunyai arti sebagai bisnis to bisnis dan menjadi transaksi elektronik jasa atau barang yang dilakukan antar perusahaan.

Selain itu e-commerce juga mempunyai jenis bisnis custamer to custamer yang artinya bahwa jenis perdagangan elektronik tersebut akan melibatkan pelaku konsumen dan bisnis.

Manfaat E-Commerce untuk Bisnis

Perkembangan di dunia industri e-commerce memang sangatlah pesat, terutama di negara Indonesia. Hal ini dikarenakan pelaku bisnis online yang semakin mengalami peningkatan juga.

Bagi Kamu yang belum mengetahui apa saja manfaat yang bisa diperoleh dari e-commerce maka wajib menyimak ulasan berikut ini di antaranya:

1. Jangkauan Lebih Luas

Manfaat yang pertama dari E Commerce adalah mempunyai jangkauan yang lebih luas. Terutama sebagai pemilik dari toko konvensional. Kamu diharuskan untuk bisa menjangkau pembeli dari daerah yang sama.

Berbeda lagi apabila Kamu mempunyai website e-commerce. manfaat dari e-commerce inilah yang membuat pembeli di berbagai penjuru Negeri bisa melakukan transaksi melalui toko yang Kamu miliki.

2. Tidak Terbatas Waktu

Melalui e-commerce maka siapapun dapat berbelanja kapanpun dan dimanapun tanpa ada batasan waktu. Berbeda dengan toko di dunia nyata yang hanya akan beroperasi hitungan jam saja setiap harinya.

Melalui internet maka pembeli tetap bisa mengakses maupun melakukan pembelian dari toko. Meskipun Kamu sedang tidur atau sedang bepergian.

3. Biaya Murah

Biaya operasional lapak secara online ini lebih rendah dibandingkan dengan toko yang berbentuk bangunan atau toko nyata. Paling tidak Kamu tidak perlu memikirkan sewa bangunan bagi karyawan maupun ongkos listrik.

4. Tidak Membutuhkan Stok Barang Sendiri

Di industri e-commerce Kamu hanya dapat menjadi seorang dropshipper. Untuk teknik pemasaran ini lebih memungkinkan bagi Kamu untuk berjualan tanpa harus mempunyai stok barang yang melimpah.

Baca juga:  Apa itu PHP? Pengertian dan Keuntungan Menggunakan PHP

Pada saat ada orderan yang masuk maka Kamu tinggal meneruskan kepada produsen dari barang sesuai yang diinginkan. Ini adalah manfaat ecommerce yang membuat banyak orang tertarik ingin menjadi dropshiper.

5. Mudah Mengelola Transaksi dan Pengiriman

Jika mempunyai toko online, maka Kamu tidak usah pusing memikirkan bagaimana cara bertransaksi dan pengiriman baran. Alasannya karena e-commerce telah menawarkan layanan pembayaran secara elektronik melalui internet.

Tidak hanya itu saja, barang yang dikirim bisa dilacak secara online. Sehingga hal ini akan saling memudahkan diantara kedua belah pihak antara penjual dan pembeli.

6. Bisa Memahami Karakter Konsumen

Saat menjalankan bisnis online, Kamu harus memahami perilaku pelanggan. Ini adalah investasi yang tidak boleh disia-siakan. Saat ini sudah ada banyak sekali tools analisis yang bisa digunakan supaya lebih memudahkan Kamu untuk mempelajari data toko online, seperti Google analytics.

7. Dapat Bekerja Dari Manapun

Manfaat selanjutnya yang bisa diperoleh dari aplikasi ecommerce yaitu Kamu bisa mengaksesnya kapanpun dan dimana pun. Sebab itu Kamu bisa menjalankan dari mana saja, asalkan mempunyai perangkat maupun koneksi internet yang stabil.

Manfaat dari Website Sebagai Platform E-Commerce

Ketika Kamu tertarik ingin memulai bisnis e-commerce maka ada tiga sarana yang dapat digunakan supaya dapat menjalankan usaha jualan secara daring. Tiga sarana electronic commerce adalah seperti website sendiri, sosial media, maupun marketplace online.

Contoh ecommerce yaitu seperti Bukalapak, Tokopedia, Shopee maupun yang lainnya. Sosial media dan marketplace merupakan cara yang paling mudah untuk dilakukan supaya bisa memulai maka Kamu cukup membuat akun, kemudian mengatur lapak saja.

Hal ini tidak membutuhkan biaya operasional yang dikeluarkan di awal. Walaupun cara ini tidak salah, ada juga website yang bisa mempresentasikan bisnis atau toko online Kamu. Berikut ini manfaat apabila menggunakan website sebagai platform e-commerce di antaranya:

1. Bisa Membangun Kredibilitas

Marketplace atau sosial media menjadi etalase online yang sangat mudah digunakan. Akan tetapi tidak banyak juga orang yang dapat melakukannya untuk memperkenalkan diri ke dalam dua jenis platform tersebut.

Baca juga:  Cara Membuat Website Bagi Pemula Pakai WordPress

Hal ini berkemungkinan besar bahwa Kamu hanya dapat membuat deskripsi pendek yang berhubungan dengan produk maupun jasa yang ditawarkan. Berbeda apabila bisnis Kamu tersebut mempunyai sebuah situs atau website sendiri.

Melalui website itulah maka Kamu mempunyai kebebasan untuk menentukan desain beserta fitur yang ada di toko online. Contohnya Kamu bisa membuat tampilan lapak yang lebih ringkas serta mudah dipahami pembelinya.

84% konsumen lebih percaya kepada pedagang online yang mempunyai website sendiri dibandingkan dengan berjualan melalui sosial media. Untuk itu supaya brand yang Kamu pasarkan semakin berkembang maka Kamu harus mempunyai website sendiri.

2. Berperan Sebagai Katalog

Pada saat menjual produk di sosial media atau marketplace, maka Kamu tidak diberikan kemudahan dalam mendeskripsikannya. Berbeda lagi dari segi tampilan website yang bisa Kamu atur sesuai dengan keinginan.

Contohnya ingin memajang berbagai barang dagangan yang disertai dengan tulisan-tulisan. Tujuannya supaya bisa membantu calon pembeli agar lebih mengenal produk yang dijual. Secara tidak langsung website juga memiliki peran sebagai katalog.

3. Meningkatkan Pelayanan

Di dalam sosial media atau marketplace mempunyai fitur berupa messenger atau chat yang dapat diakses kapanpun. Akan tetapi pengelolaan dari pesan masuk bisa menjadi berantakan.

Apabila ada banyak orang yang melakukan komunikasi supaya bisa menanggulangi permasalahan seperti ini maka Kamu membutuhkan website yang terorganisir.

4. Mudah Ditemukan

Pada saat Kamu mempunyai website maka akan lebih memudahkan website Kamu tersebut ditemukan oleh calon pembeli melalui mesin pencarian. 81% orang akan mencari produk yang ingin dibelinya melalui mesin pencarian sebelum memutuskan melakukan pembelian.

Maksud dari E Commerce adalah bahwa Kamu berjualan melalui sosial media atau marketplace. Dengan adanya E commerce inilah, banyak penjual dan pembeli yang merasa lebih dimudahkan untuk saling bertemu.

Artikel terkait

Bagikan:

Widya Web

Widya.id merupakan situs era digital yang membahas berita teknologi, gadget, internet, komputer, tips & trick.

Leave a Comment