Apa itu PHP adalah

Apa itu PHP? Pengertian dan Keuntungan Menggunakan PHP

Widya Web

Di dalam pengembangan website, pengertian PHP adalah bahasa pemrograman yang diharuskan untuk dipelajari. Alasannya karena bahasa pemograman tersebut dapat menjadikan website menjadi lebih dinamis.

Sebagian orang memang belum mengetahui pengertian php. Sementara PHP ini menjalankan instruksi pemrograman ketika melalui proses runtime. Hasil dari instruksi tersebutlah yang berbeda, karena tergantung dari segi data yang sedang diprosesnya.

Apa itu PHP?

Pengertian PHP adalah bahasa pemrograman dari server-side scripting yang memiliki sifat open source. Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa sebagai scripting language maka PHP akan menjalankan instruksi berdasarkan dari pemrograman.

Banyak yang beranggapan pula bahwa bahasa pemrograman adalah server side otomatis script yang dimiliki dari PHP tersebut bisa diproses oleh server. Sementara jenis server yang seringkali digunakan bersama PHP ini adalah litespeed, nginx, dan apache.

Tidak hanya itu saja, ternyata php artinya sebagai bahasa pemrograman yang mana pengguna dibebaskan untuk melakukan modifikasi maupun mengembangkan sesuai kebutuhan dan keinginan.

Akan tetapi ketika ingin menggunakan bahasa pemrograman ini maka Kamu diharapkan agar mempunyai kemampuan coding yang baik pula. Secara umum PHP memiliki fungsi sebagai pengembangan website.

Baik itu website statis dan tanya seperti situs berita yang memang tidak membutuhkan banyak fitur maupun website dinamis seperti toko online yang mempunyai banyak fitur pendukung. Akan tetapi penggunaan dari PHP ini tidak terbatas dari pengembangan website saja.

Alasannya karena memiliki fleksibilitas yang lebih tinggi. Tidak sampai disitu saja, PHP juga dapat digunakan untuk melakukan pembuatan aplikasi komputer sekalipun. Bagaimana? sangat keren kan?

Baca juga:  Apa itu DDOS? Ciri Serangan DDOS dan Cara Mengatasinya

Program PHP memiliki syntax dasar yang cukup sederhana. Sehingga bagi Kamu yang telah belajar perihal aturan penulisan maka PHP dapat digabungkan menggunakan bahasa pemrograman yang lain. Contohnya seperti CSS, html, javascript, maupun yang lainnya.

Apabila Kamu ingin membuat website yang tidak membutuhkan budget banyak maka sangat disarankan supaya belajar PHP terlebih dahulu. Sementara bahasa pemrograman php sudah disupport shared hosting. Dengan begitu maka Kamu tidak perlu lagi menyewa server yang mahal.

Mengapa PHP Itu Penting?

Bagi Kamu yang belum terlalu paham mengenai mengapa PHP tersebut digunakan, disini menjadi tempat yang paling tepat untuk membuat Kamu paham betapa pentingnya penggunaan PHP pada sebuah website.

Sekarang ini website yang ada di seluruh dunia sudah menggunakan bahasa pemrograman, termasuk platform besar seperti Facebook yang telah menggunakan PHP. Tanpa disadari bahwa PHP adalah bahasa pemograman yang cukup populer.

Hal ini dikarenakan beberapa alasan, seperti berikut ini:

1. Mendukung Layanan Cloud

Alasan yang pertama ini karena PHP memberikan dukungan berupa layanan Cloud. Walaupun umur dari PHP ini hampir mendekati 2 DKT, akan tetapi bahasa php ini masih tetap dapat mendukung layanan cloud yang memiliki skalabilitas cukup baik.

2. Selalu Diperbarui

Pertama kali PHP muncul yaitu di tahun 1995 dan di tahun ini PHP telah memasuki versi 7.4. Seperti Penjelasan diatas bahwa PHP adalah bahasa pemrograman, sehingga PHP dapat digunakan dalam segala macam operating system. Baik itu Linux, Windows, maupun Mac OS fleksibilitas tinggi.

Kamu harus tahu bahwa PHP ini dapat dikombinasikan dengan bahasa pemograman lain yang cukup populer. Dengan begitu maka Kamu dapat menggunakannya sesuai dengan kebutuhan dan keinginan.

3. Kompatibilitas

Ternyata php coding memiliki kompresibilitas yang sangat baik bersama dengan html, karena script PHP ini tidak mengganggu html sama sekali. Namun justru membuat mereka saling melengkapi satu sama lain.

Baca juga:  API adalah: Pengertian, Jenis, dan Cara Kerjanya

4. Banyak Pilihan Database

Kamu harus tahu bahwa PHP ini dapat digunakan hampir di semua jenis database. Baik itu mulai dari non relational database, contohnya seperti radis maupun mysql, kecepatan tinggi.

Keberadaan dari bahasa pemograman ini memang sudah terbukti secara tidak langsung dapat meningkatkan kecepatan dari loading dibandingkan dengan penggunaan bahasa pemrograman yang lainnya. Bahkan kecepatan tersebut bisa lebih 3 kali dibandingkan dengan python.

5. Materi Belajar Melimpah

Dapat dikatakan bahwa umur dari php programming ini sudah sangat tua, sehingga hal ini membuat PHP mempunyai jumlah materi yang cukup melimpah. Baik itu dari segi panduan, dokumentasi, komunitas yang aktif di jagat maya ataupun yang lainnya.

Bagi Kamu yang masih dalam tahap belajar maka tidak perlu takut kehilangan materi, karena ada banyak sumber yang bisa membantu Kamu dibandingkan dengan beberapa bahasa pemrograman yang lain.

PHP lebih mudah dipahami dan dipelajari, terlebih lagi PHP ini memiliki sifat open source. Sehingga setiap pengguna tidak perlu mengeluarkan biaya sepeserpun.

Penulisan Kode PHP

Pada dasarnya penulisan dari kode php program terbagi menjadi 2. Sebagai orang pemula yang baru belajar maka harus memahami hal ini dengan sebaik mungkin, supaya tidak salah dalam melakukan penulisan kode-kode tersebut.

Berikut ini penulisan kode dari bahasa pemrograman yang bisa dipahami di antaranya:

1. PHP Framework

Pada saat menggunakan Framework maka pihak dari developer bisa memanfaatkan kerangka pengelolaan website yang telah jadi. Hal ini berarti bahwa Kamu tidak perlu membuat dari awal sampai memudahkan pekerjaan.

Secara tidak langsung Framework ini bisa membantu developer agar bekerja lebih efisien serta menyelesaikan pengembangan website yang lebih cepat. Beberapa dari Framework php yang populer digunakan yaitu sebagai laravel, codelgniter, symfony, yii, zend framework dan lainnya.

Baca juga:  Cara Membuat Website Bagi Pemula Pakai WordPress

Apabila Kamu sudah mahir di php progamer native maka disarankan agar mencoba beralih ke kode PHP framework. Alasannya karena kode Framework telah dioptimasi sesuai dengan standar dibandingkan dari segi kecepatan atau keamanan.

2. PHP native

PHP native merupakan penulisan kode php yang berasal dari nol pada saat melakukan perancangan di sebuah website. Sebenarnya PHP native ini seringkali digunakan oleh pihak developer yang mempunyai keahlian coding yang cukup baik.

Bisa juga pada saat mereka berkeinginan untuk membuat kerangka alur yang unik dan mempunyai fungsionalitas yang tinggi.

Keuntungan Menggunakan PHP

Penggunaan dari PHP adalah mampu memberikan banyak keuntungan bagi setiap para penggunanya seperti berikut ini:

1. Mendukung Banyak Protokol Besar

Keuntungan pertama yang bisa Kamu peroleh yaitu PHP ini memberikan dukungan dengan banyaknya jumlah protokol yang besar, seperti ldap, IM, pop3 dan pop 4.

PHP juga memberikan tambahan dukungan pada bahasa pemrograman java maupun arsitektur objek yang sudah terdistribusi seperti badan pom. Sehingga menjadikan pengembangan NTR semakin memungkinkan dijalankan.

2. Dapat Dijalankan Pada Sisi Server

Pada sisi server, PHP ini adalah bahasa pemrograman yang dijalankan di bagian sisi server untuk mengelola konten database dinamis, membangun situs web e-commerce dan perekaman sesi.

3. Dapat Diintegrasikan Berbagai Database

Keuntungan selanjutnya yaitu PHP secara tidak langsung bisa diintegrasikan bersama dengan beberapa database populer lainnya. Contohnya seperti Microsoft SQL server, mysql, oracle, postgresql, sybase, dan informix.

Situs resmi https://www.php.net/

Dari bahasa pemrograman inilah dapat membantu penggunanya supaya bisa bekerja lebih baik lagi bersama dengan my SQL yang dijadikan sebagai sistem database. Karena PHP adalah bahasa pemograman yang paling mudah untuk dipahami.

Artikel terkait

Bagikan:

Widya Web

Widya.id merupakan situs era digital yang membahas berita teknologi, gadget, internet, komputer, tips & trick.

Leave a Comment