Cara Membuat Website Bagi Pemula

Cara Membuat Website Bagi Pemula Pakai WordPress

Widya Web

Bagaimana sih cara membuat website bagi pemula agar mendapatkan hasil website yang keren? Tentunya itu bisa dibilang gampang bagi yang sudah paham, namun akan bilang sulit bagi yang belum paham. Semua bisa dipelajari kok… tenang saja.

Pada kesempatan ini kami akan mengajak Anda belajar cara membuat website untuk pemula menggunakan platform website dari WordPress.

Apa Sih Tujuan Membuat Website?

Jika ditanya, Apa sih tujuan membuat website itu sendiri? Tentunya tidak bisa dijawab dengan pasti karena kebutuhan dan cara membuat website itu berbeda-beda. Ada yang untuk sekedar profil untuk menampilkan informasi maupun untuk mempromosikan produknya.

Dalam era digital seperti sekarang ini, website menjadi salah satu alat yang lumayan penting untuk mempromosikan bisnis UMKM dan memperluas jangkauan pasar.

Namun, nyatanya tujuan pembuatan website saat ini tidak hanya sebatas untuk kepentingan bisnis semata, melainkan juga dapat diterapkan pada berbagai hal, baik untuk kebutuhan personal maupun kepentingan organisasi.

Kami rangkum beberapa tujuan yang lebih spesifik dari tujuan pembuatan website, antara lain:

1. Meningkatkan Visibilitas

Sebagaimana diketahui, website adalah salah satu cara yang paling efektif untuk meningkatkan visibilitas suatu bisnis atau organisasi.

Dengan memiliki website, bisnis atau organisasi dapat dengan mudah ditemukan di mesin pencari seperti Google atau Bing. Tentunya dengan cara membuat website yang dioptimasi agar muncul di halaman pertama mesin pencari tersebut.

2. Meningkatkan Kredibilitas

Perlu diketahui bahwa website juga dapat meningkatkan kredibilitas bisnis atau organisasi. Di masa sekarang ini kebanyakan orang cenderung mencari informasi tentang suatu bisnis secara online sebelum melakukan transaksi.

Apabila Anda memiliki website yang terpercaya dan profesional, maka tidak menutup kemungkinan akan meningkatkan tingkat kepercayaan konsumen terhadap bisnis yang sedang Anda geluti.

3. Meningkatkan Interaksi dengan Pelanggan

Selanjutnya website juga dapat meningkatkan interaksi antara Anda sebagai pemilik bisnis dengan pelanggan. Mengapa? Karena di dalam website biasanya terdapat fitur komentar atau forum diskusi yang memungkinkan pelanggan untuk memberikan feedback dan saran/kritik terhadap bisnis Anda.

Hal tersebut yang akan membantu bisnis atau organisasi untuk memahami kebutuhan pelanggan dan meningkatkan kualitas produk atau layanan yang Anda tawarkan agar lebih baik lagi dari sebelumnya.

4. Menjual Produk atau Layanan

Tidak diragukan lagi bahwa website juga dapat digunakan sebagai platform untuk menjual produk atau layanan.

Contohnya saja seperti membuat website toko online yang dalam websitenya dapat menampilkan katalog produk atau layanan yang Anda tawarkan, memberikan informasi detail tentang produk atau layanan, serta memungkinkan konsumen untuk melakukan pembelian secara online.

5. Menjalin Hubungan dengan Karyawan

Tujuan pembuatan website yang lainnya adalah sebagai platform untuk menjalin hubungan dengan karyawan. Mengapa begitu? Itu karena sebuah website perusahaan dapat memuat informasi tentang kebijakan perusahaan, program pelatihan, serta informasi tentang karir dan lowongan pekerjaan.

Sehingga hal tersebut akan membantu perusahaan Anda dalam merekrut dan mempertahankan karyawan yang berkualitas sebagai aset perusahaan.

6. Menyediakan Informasi Publik

Informasi publik adalah tujuan utama membuat website, hal ini karena website juga dapat digunakan untuk menyediakan informasi publik, seperti organisasi pemerintahan, lembaga pendidikan, dan organisasi nirlaba dapat memanfaatkan website untuk menyediakan informasi tentang program, kegiatan, atau kebijakan yang mereka jalankan.

7. Membuat Komunitas Online

Website untuk forum? Why not! Tujuan pembuatan website juga dapat digunakan untuk membuat komunitas online, yaitu membangun forum diskusi atau ruang chat untuk memfasilitasi interaksi antara anggota komunitas. Hal tersebut akan membantu bisnis atau organisasi untuk membangun basis penggemar yang setia dan loyal.

Baca juga:  5+ DNS Tercepat & Cara Melakukan Setting dengan Mudah

Dalam kesimpulannya, tujuan pembuatan website dapat sangat bervariasi tergantung pada kebutuhan masing-masing bisnis atau organisasi. Namun, tujuan utama pembuatan website adalah untuk meningkatkan visibilitas, kredibilitas, interaksi dengan pelanggan, menjual produk atau layanan.

Manfaat Membuat Website

Dimasa moderen saat ini memiliki website menjadi hal yang sangat penting bagi bisnis, organisasi, maupun individu. Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dari cara membuat website, baik itu untuk tujuan personal atau bisnis.

1. Sebagai Alat Pemasaran

Keuntungan membuat website, pemilik bisnis dapat menjangkau lebih banyak calon pelanggan secara online. Selain itu, website juga memungkinkan Anda sebagai pemilik bisnis untuk mempromosikan produk atau jasa dengan lebih efektif dan efisien.

2. Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan

Saat ini kebanyakan konsumen mencari informasi tentang produk atau jasa secara online sebelum membelinya. Dengan membuat website yang profesional dan informatif, secara tidak langsung maupun secara langsung pelanggan akan lebih percaya pada bisnis Anda.

3. Membuat Website untuk Membangun Brand

Untuk branding bisnis, membangun website yang berisi informasi tentang nilai-nilai dan tujuan bisnis Anda, maka pelanggan akan lebih memahami dan mengenal brand Anda dengan lebih baik. Hal tersebut juga akan membantu meningkatkan kesadaran merek atau brand awareness.

4. Kemudahan Berinteraksi dengan Pelanggan

Dalam membangun website yang bagus tentunya banyak informasi yang disematkan dalam website tersebut. Salah satu contohnya adalah adanya fitur kontak atau formulir di website agar pelanggan dapat dengan mudah mengirim pertanyaan atau memberikan umpan balik.

Dengan begitu maka pemilik bisnis dapat dengan mudah untuk menanggapi pertanyaan dan memperbaiki layanan sesuai dengan kebutuhan pelanggan.

5. Meningkatkan Penjualan

Dengan optimasi yang baik pada website bisnis, maka bisnis Anda dapat menjangkau calon pelanggan yang lebih luas dan memudahkan proses pembelian produk yang Anda tawarkan. Ini dapat secara perlahan dan pasti akan meningkatkan peluang penjualan produk atau jasa, dan pada akhirnya meningkatkan keuntungan.

Jenis-Jenis Website

Di internet ada banyak sekali website yang sudah dipublikasikan, setiap harinya bahkan mencapai ribuan website yang dibangun menggunakan WordPress. Salah satunya adalah dengan cara membuat website jualan online yang secara signifikan dapat membantu memasarkan produk.

Adapun jenis-jenis website yang bisa dibuat menggunakan WordPress adalah sebagai berikut:

  • website untuk sekolah
  • website company profile
  • website untuk jualan online
  • website undangan pernikahan
  • website desa
  • website portofolio
  • website berita
  • website profil pribadi
  • website toko online
  • website perpustakaan
  • website film
  • website donasi
  • website rental mobil
  • website kuliner
  • website kantor
  • website travel
  • website pembelajaran
  • website untuk promosi produk
  • website fotografi
  • website video
  • website tv online
  • website lowongan kerja
  • website e learning
  • website travel online
  • website startup

Cara membuat website dengan jenis diatas tentunya akan sedikit berbeda satu dengan yang lainnya dalam hal desain maupun fitur-fiturnya. Namun secara teknis pembuatan websitenya kurang leih sama.

Apa Saja yang Dibutuhkan untuk Membuat Website?

Sebenarnya apa yang dibutuhkan untuk membuat website? Salah satu cara membuat website adalah menggunakan CMS (Content Management System) yang sering dipakai untuk membuat website profil perusahaan adalah WordPress. Dimana CMS WordPress tersebut adalah primadona bagi para blogger dan individu yang memiliki kepentingan untuk menggunakannya. Dan kami pun dari Widya Web termasuk yang mengandalkan WordPress untuk membuat website.

Pada kenyataannya cara membuat website tidaklah sesulit yang dibayangkan. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membuat website yang baik dan berkualitas. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

Baca juga:  Apa itu E-Commerce? Pengertian dan Manfaat untuk Bisnis

1. Domain dan Hosting

Hal pertama yang dibutuhkan untuk membuat website profesional adalah domain dan hosting. Dimana domain adalah alamat website yang akan digunakan untuk mengakses website di web browser, sehingga penting untuk memilih domain yang tepat dan mudah diingat.

Sedangkan hosting adalah rumah sebuah website yang didalamnya tersimpan file-file dan data dari sebuah website.

2. Pemilihan CMS yang Tepat

Setelah Anda memiliki domain, langkah berikutnya adalah memilih platform atau CMS (Content Management System) yang akan digunakan untuk membangun website. Beberapa platform yang populer antara lain WordPress, Joomla, Drupal, dan Magento.

Setiap platform memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, sehingga penting untuk memilih platform yang sesuai dengan kebutuhan website. Kami sendiri memilih WordPress karena kemudahannya dalam optimasi website.

3. Website yang Menarik dan Informatif

Website yang bagus sebaiknya memperhatikan masalah konten ini, dimana website haruslah menarik dan informatif.

Konten harus disusun dengan rapi dan mudah dipahami oleh pengunjung. Hal ini akan membuat website lebih menarik dan meningkatkan tingkat interaksi dengan pengunjung.

4. Desain yang Bagus

Desain juga merupakan faktor penting dalam proses pembuatan website. Desain yang baik akan memudahkan pengunjung dalam mencari informasi yang dibutuhkan.

Selain itu, desain yang menarik akan membuat website terlihat lebih profesional dan meningkatkan reputasi website. Buatlah pengunjung berlama-lama di website Anda dengan desain yang nyaman dan mudah dalam navigasinya.

5. Optimasi SEO Website

Agar mendapat peringkat bagus dimesin pencari seperti Google, website haruslah dioptimalkan dengan metode SEO (Search Engine Optimization). Hal ini akan memudahkan pengunjung dalam menemukan website melalui mesin pencari seperti Google, Yahoo, dan Bing.

Dengan memperhatikan hal-hal tersebut, cara membuat website yang baik dan berkualitas akan lebih mudah dilakukan. Penting untuk selalu mengupdate website dengan konten yang fresh dan menarik agar pengunjung tetap tertarik dan loyal terhadap website.

Berapa Biaya Membuat Website?

Membuat sebuah website dapat menjadi investasi yang sangat berharga bagi bisnis atau organisasi. Namun, biaya pembuatan website bisa berbeda-beda tergantung pada kebutuhan dan kompleksitas website yang ingin dibuat.

Biaya pembuatan website terdiri dari beberapa komponen seperti biaya domain, hosting, pengembangan, dan desain. Domain biasanya dijual dengan harga sekitar 100 ribu hingga 1 juta rupiah per tahun, sedangkan biaya hosting bisa berkisar antara 300 ribu hingga 1 juta rupiah per bulan.

Berapa sih biaya yang harus dikeluarkan untuk membuat website menggunakan WordPress? Jawabannya adalah bervariasi tergantung tingkat kerumitan dan optimasi websitenya.

Setidaknya untuk pembuatan website biasanya mulai dari harga 1 juta hingga 10 jutaan, bahkan bisa lebih dari itu.

Biaya pengembangan website tergantung pada kompleksitas website dan pihak pengembang yang dipilih. Sedangkan biaya desain website juga tergantung pada pihak yang dipilih dan tingkat kompleksitas desain yang diinginkan.

Oleh karena itu, penting untuk memperhitungkan semua biaya sebelum memutuskan untuk membuat website.

Tutorial Membuat Website dengan WordPress

Bagaimana cara membuat website menggunakan WordPress? Berikut ini adalah tahap membuat website dengan WordPress secara garis besar:

1. Siapkan Domain dan Hosting

Langkah awal cara membuat website terlebih dahulu menyiapkan domain dan hosting dengan membelinya di provider terkenal di Indonesia seperti Niagahoster, Idwebhost, Rumahweb, Qwords, atau yang lainnya. Bisa juga menggunakan layanan dari luar negeri seperti Namesilo dan Namecheap.

Baca juga:  API adalah: Pengertian, Jenis, dan Cara Kerjanya

2. Instalasi WordPress di cPanel

Langkah berikutnya dalam proses cara membuat website sendiri ini adalah memilih platform website seperti WordPress.

Apabila sudah membeli dan menyiapkan domain hosting, maka selanjutnya hanya tinggal melakukan instalasi WordPress melalui cPanel, biasanya menggunakan software Softaculous didalam cPanel. Pastikan hosting mendukung PHP dan MySQL, yang diperlukan untuk menjalankan WordPress.

Jika ingin instalasi WordPress secara manual juga bisa, silakan unduh software WordPress.org dan instal ke dalam hosting yang telah disediakan melalui cPanel => public_html.

3. Instal WordPress Theme dan Plugin

Selanjutnya, pilih tema atau template yang sesuai dengan kebutuhan website yang Anda buat. Tema atau WordPress Theme yang dipilih haruslah responsif dan mudah digunakan oleh pengunjung.

Jangan lupa untuk instal plugin pendukung seperti plugin Yoast atau RankMath, plugin kontak, plugin keamanan dan beberapa plugin WordPress lainnya yang dibutuhkan.

4. Membuat Halaman About

Halaman about us, halaman contact us sangatlah penting untuk ditampilkan di website guna mempermudah pengujung untuk menghubungi bisnis yang Anda jalanan melalui online.

Pastikan halaman tersebut ada di dalam website Anda, dan buatlah informatif dan semenarik mungkin agar pengunjung tertarik dan ingin kembali ke website. Gunakan plugin kontak yang tersedia di WordPress untuk memperindah tampilan halama kontak di website WordPress.

5. Menulis Konten Artikel

Membuat artikel yang SEO friendly sebagai pendukung bisnis melalui website. Fungsinya untuk menjaring calon pelanggan yang mencari informasi melalui Google, Bing, dan mesin pencari lainnya.

Pastikan artikel di dalam website tersebut dioptimalkan menggunakan metode SEO (Search Engine Optimization). Hal ini akan membantu website mendapatkan peringkat yang lebih tinggi di mesin pencari seperti Google, Yahoo, dan Bing.

Selebihnya silakan rutin update konten artikel yang berhubungan dengan bisnis Anda, dan sebaiknya hindari konten yang tidak relevan dengan bisnis karena akan merusak kepercayaan. Intinya website di-update secara berkala dan selalu menyediakan konten yang fresh dan menarik untuk pengunjung.

Jika optimasinya benar maka dalam waktu yang tidak lama, website akan siap untuk digunakan untuk media promosi bisnis yang dapat ditemukan dimesin pencari oleh pengunjung.

Apabila anda masih awam atau kesulitan dalam cara membuat website sendiri, kami membuka jasa pembuatan website, yaitu:

Info lebih detail silakan buka halaman penawaran kami di https://widya.id/

Kesimpulan

Dari artikel cara membuat website untuk pemula ini kita dapat belajar banyak karena sudah dijabarkan semua dari tujuan, manfaat, jenis website, hingga cara membuat website profesional.

Dengan menggunakan CMS dari WordPress.org, cara membuat website bisnis bisa menjadi lebih mudah dan efisien tanpa harus menguasai banyak kode atau bahasa pemrograman.

F.A.Q Cara Membuat Website

Hal-hal yang sering ditanyakan terkait cara membuat website untuk pemula.

Apakah membuat website harus bayar?

Membuat website ada yang berbayar dan ada juga yang gratis, tergantung seperti apa kebutuhan website yang akan dibuat. Jika ingin membuat website yang profesional tentunya harus bayar.

Dimanakah tempat membuat website?

Membuat website untuk kepentingan bisnis atau yang lainnya yang bersifat profesional, silakan langsung menggunakan jasa pembuatan website dari Widya Web.

Bagaimana cara membuat website sendiri?

Untuk cara membuat website sendiri tentunya membutuhkan pengetahuan dan ketrampilan minimal paham domain/hosting dan juga WordPress.

Artikel terkait

Bagikan:

Widya Web

Widya.id merupakan situs era digital yang membahas berita teknologi, gadget, internet, komputer, tips & trick.

Leave a Comment